Tips Membuat Komik Sendiri

|| || , || 13 Komentar
 Agan tau komik kan? itu tuh, obat batuk, gambar menarik yang dilengkapi teks dialog. Itu cuma opini saya saja. Dan mari kita lihat ke Wikipedia. Disini tertera, bahwa Komik adalah suatu bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar tidak bergerak yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita. Gambar2 tersebut dibuat sedemikian menarik sehingga pembaca akan menjadi penasaran tentang kelanjutan ceritanya.

 Komik dalam bahasa Jepang disebut "Manga". Dan hal yang masih suka diperdebatkan saat ini adalah "Kartun = Anime"

Kembali ke judul, disini saya mau bagi2 tips cara buat komik sendiri, ya paling nggak komik strip.

1.Tentukan Karakternya
Contoh karakter, "Si Juki"
 Karakter, merupakan pelaku atau tokoh utama yang memerankan suatu cerita. Tanpa tokoh, ini akan menjadi gambar pemandangan. :v

2.Tentukan Wataknya
 Watak, adalah ciri utama dari setiap karakter. Ibarat kata kalau tokoh / karakter nggak ada wataknya, sama aja dengan, "Hidup tanpa cinta, bagai taman tak berbunga". Asolole ! \ :v /

3. Cari Tema nya
 Tema, adalah faktor yang menentukan para pembaca. Tema action mayoritas peminatnya laki-laki, sedangkan perempuan biasanya yang bernuansa Romance.

4. Buat Ceritanya
 Ya, buatlah cerita sebagai patokan untuk langkah selanjutnya. Buatlah cerita yang mudah dipahami dan menarik pembaca. 

5. Tuangkan dalam Gambar
 Mulailah menggambar, sesuai cerita yang telah kalian buat tadi. Kalau bisa, sedikit melenceng dari cerita juga nggak masalah.

Satu lagi yang paling penting, yaitu Pembaca.

Ingat, dalam membuat komik itu tidak mudah, perlu banyak2 latihan menggambar dan pandai memainkan imajinasi.

Sekian, dan terima kasih. :v

Jangan terlalu sering pake emoticons di Facebook

|| || , || Leave a Komentar
Sekarang banyak emot yang sudah beredar di kalangan fb-ers. Jadi jangan heran kalau beranda anda dipenuhi oleh teman anda yang menggunakan emot. Apa sih emot itu? Emot adalah ikon untuk menggambarkan keadaan seseorang saat itu, seperti senang, susah, sedih, menganggur, melongo, menggila dll.

Emot baru langsung jadi mainstream :v

Maraknya beredar emoticons ini berdampak buruk bagi pengguna Facebook itu sendiri. Nyatanya, banyak yang merasa terganggu oleh temannya yang membagikan gambar itu di berandanya.

An emoticon (/ɨˈmtɨkɒn/) is a metacommunicative pictorial representation of a facial expression which in the absence of the prosodyserves to draw a receiver's attention to the tenor or temper of a sender's nominal verbal communication, changing and improving its interpretation. It expresses - usually by means of punctuation marks - a person's feelings or mood and can include numbers and letters, as well. [link] 

Jadi saran saya, boleh2 aja pake emoticon itu, asal jangan berlebihan. Toh fungsinya juga untuk mengekspresikan bagaimana keadaan kita saat itu :v. 
Sampai jumpa di lain waktu :v

Convert Laman web ke file PDF

|| || ,,, || Leave a Komentar
Sekarang jamannya Internet. Semua tugas mudah diselesaikan dengan internet. Dan agar tidak kehilangan data yang sudah dicari di web, beberapa orang menyimpannya dengan berbagai format, salah satunya dengan format.pdf.

Sebenarnya banyak langkah yang bisa dilakukan untuk menyimpan dengan format ini. Tapi saya akan membagikan trik yang praktis, yaitu lewat layanan online Web2PdfConverter.

Untuk memulai silahkan ikuti langkah2 beriktut ini.

1. Pergi ke TKP.

2. Paste-an link yang akan dijadikan pdf di kolom yang tersedia :v

3. Klik "Convert Web". Tunggu sesaat, pdf anda sudah siap \ :v /

Tambahan

Biar nggak repot2 lagi saya kasih cara masang pluginnya di Google Chrome :v

1. Pertama pergi ke TKP. Lalu ikuti langkah2 dibawah ini.





Tunggu beberapa saat, maka extension / plugin sudah terinstall. Dan akan muncul halaman ini :v

Lain kali update untuk yang Firefox. Oke, sampai jumpa. :v /~

Perhatikanlah Etika Menulis dalam Situs Jejaring Sosial

|| || , || Leave a Komentar

Setelah mendalami apa itu facebook maupun twitter dan apa manfaatnya bagi kita semua dapat ditemui bahwa facebook dan twitter dapat bermanfaat dengan menggunakannya sebagai ajang diskusi dan berbagi ilmu melalui update status yang dibuat teman-teman kita. Dan tidak jarang kira menemukan update status yang sangat tidak bermanfaat seperti mengupdate status dengan kata-kata dan bahasa yang kasar, mengupload foto secara berlebihan, menghina beberapa orang dan tidak layak untuk ditampilkan di facebook maupun twitter.


Menulis update status di facebook ataupun ngetweet di twitter adalah gampang-gampang susah. Gampangnya sekali kita kirim, akan segera tershare baik di facebook ataupun twitter. Susahnya adalah membuat status yang dapat membuat orang yang membaca dapat memperoleh manfaat dari tulisan update status yang dibuat dan tidak hanya sekedar nge-LIKE saja, karena tulisan update status mewakili sifat dan karakter dari penulis update status, update status mencerminkan apa yang dipikirkan dari penulis update status dan ketika menulis update status kita akan melihat di dalam kotak update status tulisan What’s on your mind ? (apa yang ada dalam pikiran anda ?).

Untuk itu maka diperlukan etika di dalam menulis update status, dimana para facebookers sebaiknya adalah :

1. Di dalam penulisan update status hendaknya menggunakan huruf kecil, karena huruf besar atau capital mencerminkan bahwa si penulis sedang marah.

2. Gunakan simbol-simbol yang ada secara bijak

3. Tulislah update statusmu dengan kata-kata dan kalimat yang sopan, hindari kata-kata kasar dan caci makian sehingga membuat para facebooker merasa nyaman untuk membacanya.

4. Jangan terlalu sering mengupdate status rutinitas yang dilakukan oleh setiap orang, sehingga membuat orang merasa bosan dan terbuang waktunya dari membaca update status yang gak penting seperti mau mandi, kebelet dan lain-lain yang sepantasnya tidak untuk dishare ke semua orang yang ada di facebook. Karena itu hanya akan membuat repot diri anda sendiri :v.

5. Gunakanlah bahasa yang enak dibaca dan dimengerti oleh semua orang dan terkesan menggurui di dalam berbagi pengalaman.

6. Bersikap adil yang, kita membuat update status dengan mengharap dapat komentar dari teman-teman kita, tetapi kita sendiri tidak pernah mengomentari status milik teman-teman kita.

7. Memilih teman yang baik di dalam facebook ataupun twitter, sehingga dapat memperoleh status yang baik.

8. Meremove atau memblokir teman-teman yang kita pandang update statusnya membuat kamu tidak menyukainya..

9. Janganlah menshare tulisan update status yang bersifat pribadi melalu menu Timeline ataupun News Feed kita, sebaiknya yang bersifat pribadi dapat melalui fasilitas charing ataupun inbox. Bisa-bisa hal itu akan berimbas ke dunia nyata :v.

10. Jangan membuat update status yang dapat menyinggung orang lain atau pencemaran nama baik.

Dengan menggunakan etika di dalam menulis update status, akan membuat para facebooker enak membacanya dan tidak ada yang merasa tersinggung. Dan saya mohon maaf karena jarang update. Sumber artikel berasal dari sini, dengan pengubahan seperlunya. Sekian dan Terimakasih :v.

Rage Face dan Meme itu Beda

|| || ,, || 2 Komentar
 Udah pernah liat 9GAG, 1CAK, MCI belum? Kalo udah, ya udah. Kali ini saya mau bahas hal yang berbeda, sangat berbeda. Perbedaan antara rage face dan meme. Beberapa orang menganggap mereka sama saja, bahkan ada yang bilang kalo Rage Comic = Meme Comic. -_-
 Saya bukannya sok tahu, tapi saya hanya ingin memberi tahu hal ini. Entah penting atau tidak. Inilah perbedaan yang mendasar diantara mereka. :v

UPDATE
Rage & Meme comic disebut internet meme, dan hanya disingkat Meme saja. mungkin ini membingungkan, tapi maksudnya untuk menambah wawasan anda. :v


1. Rage Faces
 Baiklah mari kita bahas rage face dulu. Lihat pada gambar, rage face adalah hasil gambaran tangan orang, dengan berbagai macam ekspresi

2. Meme

Setahu saya, ada banyak jenis meme di internet. Dan cukup ini yang saya ambil contoh.

Meme
Demotivational Meme
Mungkin saya tidak perlu menjelaskan secara detail, karena bisa anda lihat sendiri di KYM (Know Your Meme) dan Anti Memestream Indonesia. Sekian dan terima kasih :v


Arya Wiguna Mulai Angkat Bicara (+Video)

|| || , || Leave a Komentar
Subur !!!
 Beberapa hari yang lalu, kita dihebohkan dengan berita tentang orang yang mengaku sebagai korban dari Eyang Subur. Sang korban yang juga mantan murid si Eyang, Arya Wiguna, dengan lantang mengucapkan sumpah serapahnya kepada si Eyang Subur. Arya yang sangat kesal itu pun sempat mengamuk, sampai-sampai ia memukul meja dan menginjak-injak lantai, (saking kesalnya :v).

Dan inilah video kemarahannya yang diedit oleh orang-orang random iseng :v.















Versi original nya.



Ya. Terima kasih, sampai jumpa. :v

Mike the Headless Chicken, Legenda Ayam tanpa Kepala

|| || , || 1 Komentar
 Di suatu siang, tepatnya hari minggu yang telah lalu saya tidak sengaja menonton salah satu acara di MetroTV, yaitu acara Penantang Terakhir. Dari situ saya berfikir, "Kok nggak nonton dari dulu ya?". Lalu apa hubungannya dengan judul?

 Pembawa acara, mas Helmi Hasan saat itu menyatakan suatu hal, yang mungkin sangat tidak logis. Yaitu "Seekor ayam dapat hidup tanpa kepala selama lebih dari 1 tahun". Yang bener nih :v. Ternyata yang dia katakan itu benar, dan ayam itu bernama, "Mike the Headless Chicken".

 Setelah itu saya berpikir, dan mulai browsing sana-sini. Dan terkuaklah sudah misteri si "Mike the headless chicken" ini. :v

Like a boss...
 Mike the Headless Chicken (April 1945 – March 1947), also known as Miracle Mike,[1] was a Wyandotte chicken that lived for 18 months after his head had been mostly cut off. Thought by many to be a hoax, the bird's owner took him to the University of Utah in Salt Lake City to establish the facts of the story.
Dan berikut ini kutipan sedikit informasi dari blog yang tidak ditemukan, dengan sedikit pengubahan :v


Pada zaman dahulu tepatnya sebelum tanggal 10 September 1945, (sebab pada tanggal 10 september ayam itu harusnya sudah disembelih) datang kabar ibu mertua dari Lioyd Olsen (ibu dari istrinya) bahwa dia akan datang berkunjung. Untuk menyambut kedatangan ibu dari istrinya itu, Olsen diminta untuk memotong ayam kesayangannya, seeokor ayam jantan yang gemuk, (sepertinya ibunya suka memakan leher ayam). Dengan berat hati Olsen memotong leher ayamnya. Karena kurang ikhlas, maka pisau itu tidak mengenai pembuluh vena, dan meninggalkan cukup banyak batang otak yang terhubung dengan leher sehingga membuat ayam itu dapat bertahan hidup, bahkan terus bertumbuh besar.

Ayam tersebut menghasilkan banyak uang buat si pemilik Lioyd Olsen. Bagaimana cara memberi makannya kalau ayam itu tidak punya mulut, apalagi kepala ? Cara memberi makannya yaitu dengan menggunakan sejenis tempat tetes mata yang di teteskan kedalam lehernya, kurang lebih 16 bulan mike dapat hidup tanpa kepala sebelum ayam itu mati karena sesak napas.

BONUS !
Sekalian ane share juga foto2 sage mode terbaru :v



Keren kan sage mode terbaru nya? XD

Ya sudah, terima kasih ya, sampai bertemu di artikel selanjutnya.
#Kerjasama dengan blog C.L.U.S.M